Posted by : Fadhel Ijlal / 21 Jan 2018




Penduduk
Populasi Finlandia menjadi semakin beragam dalam beberapa dekade terakhir karena imigrasi. Tapi tiga kelompok etnis utama telah lama membentuk komposisi penduduk Finlandia. Mereka adalah etnis Finlandia, Swedia, dan Sami (sebelumnya disebut Lapp). Etnis Finlandia membentuk kelompok terbesar, sekitar 94 persen dari total populasi. Mereka kemungkinan besar berasal dari beberapa kelompok yang bermigrasi ke daerah ini ribuan tahun yang lalu.

Orang-orang berbahasa Swedia membentuk sekitar 6 persen dari populasi, yang mencerminkan kehadiran historis Swedia di Finlandia. Sebagian besar dari hampir 6.000 orang Sami adalah petani dan penggembala rusa yang tinggal di wilayah utara jauh Finlandia yang dikenal sebagai Lapland.
Angka harapan hidup warga negara Finlandia berada di kisaran 83.5 tahun untuk perempuan dan 77.5 tahun untuk laki-laki, menempatkan negara ini sebagai negara dengan usia harapan hidup tertinggi di dunia. Dikarenakan mereka lebih memilih gaya hidup sehat.

Finlandia negara tersehat di dunia? Bagaimana pemerintah Finlandia menyehatkan penduduknya?
Menurut Reader's Digest dalam jajak pendapatnya yang diadakan di 16 negara dan melibatkan 16.000 orang menemukan bahhwa Finlandia adalah negara tersehat di dunia. Negara ini merupakan negara yang paling menyadari bahaya obesitas. Padahal di era 70-an, Finlandia memiliki angka kematian akibat penyakit jantung tertinggi di dunia. Namun kegigihan Dinas Kesehatan di negara tersebut dalam mengkampanyekan gaya hidup sehat berhasil dengan baik. Kampanye ini terutama ditujukan pada penduduk usia produktif, berupa program diet, olahraga dan bahaya merokok.
Selama 30 tahun, hasil kampanye ini terlihat nyata. Tingkat kematian akibat penyakit jantung menurun hingga 80 persen. Dan program ini telah berhasil memperpanjang usia penduduk Finlandia hingga 10 tahun. Kota-kota di negara ini bahkan menyediakan hadiah bagi warganya yang bisa berhenti merokok. Saat ini 83 persen orang Finlandia bergaya hidup sehat dan memiliki program penurunan berat badan seperti berdiet dan berolahraga serta tidak merokok.
Kesadaran pribadi memang penting untuk menjalankan gaya hidup sehat. Tapi sepak terjang pemerintah yang terjun langsung dan berperan aktif dalam menciptakan gaya hidup sehat dalam kehidupan masyarakat memiliki dampak nyata berjangka panjang pada akhirnya.

Apa yang akan terjadi dengan Finlandia 20 tahun mendatang?
Dengan pertumbuhan penduduk seperti diatas (pada tahun 2040) tidak mempengaruhi keberhasilannya dalam bidang pendidikan kedepannya. Sebab, mereka sejak lahir kepada keluarganya diberi maternity package yang berisi 3 buku bacaan untuk ibu, ayah, dan bayi itu sendiri. Alasannya, PAUD adalah tahap belajar pertama dan paling kritis dalam belajar sepanjang hayat. Sebesar 90% pertumbuhan otak terjadi pada usia balita dan 85% brain paths berkembang sebelum anak masuk SD (7 tahun).
Kegemaran membaca aktif didorong. Finlandia menerbitkan lebih banyak buku anak-anak daripada negeri mana pun di dunia.

Maka,tidak menutup kemungkinan pada 20 tahun kemudian negara Finlandia akan lebih maju di berbagai bidang.

0 komentar

Posting Komentar

Berkomentarlah yang baik

Cancel Reply